LATIHAN BAB I
JAWABAN
1.
Human
Computer Interaction menurut ACM SIGCHI (1992) merupakan disiplin ilmu yang
mempelajari desain, evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif
untuk dipakai oleh manusia beserta studi tentang faktor- faktor utama dalam lingkungan
interaksinya.
2.
Perbedaan
IMK dan user interface yaitu terletak pada statusnya, IMK itu sendiri merupakan
ilmu dari penerapan user interface yang baik. Dan user interface itu merupakan
implementasinya.
3.
Ergonomi
merupakan salah satu bidang yang terdapat dalam IMK, yeng memberikan pemahaman
tentang penggunanaan rancangan grafis seperti gambar akan lebih bermakna
daripada teks/ tulisan.
4.
Akan menjadikan :
a.
Produktifitas
meningkat
b.
Hasil
kerja lebih baik karena sistem yang dioprasikan lebih familiar
c.
Efisiensi
dan efektifitas akan didapatkan dalam pengopreasian sistem
d.
Kenyamanan
layanan dalam melakukan pekerjaan
5.
Bidang-
bidang yang terlibat dalam IMK :
a.
Teknik
elektronika/ Ilmu Komputer
Bidang ini membantu memahami perangkat keras dan
perangkat lunak yang akan digunakan
dalam merancang interaksi manusia dan
komputer.
b.
Psikologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang sifat dan
kebiasaan manusia yang berbeda-beda, kemampuan kognitif dalam memecahkan
masalah dan keterampilan motorik pengguna
yang beraneka ragam.
c.
Perancangan
grafis dan tifografi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang penggunaan
rancangan grafis seperti gambar akan lebih bermakna daripada teks/tulisan.
d.
Ergonomik
Bidang ini membahas tentang aspek fisik yang mendukung
dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
e.
Antropologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang cara kerja
manusia yang kadang berkelompok baik pada waktu dan tempat yang sama maupun
berbeda.
f.
Linguistik
Ilmu yang mempelajari tentang bahasa, yang akan
membantu menciptakan suatu analog yang diperlukan untuk komunikasi yang memadai
antara user dan computer.
g.
Sosiologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang pengaruh
interaksi manusia dan komputer dengan aspek sosial masyarakat.
h.
Rekayasa
perangkat lunak
Factor ini yang bisa menciptakan suatu program yang
efektif, efisien, serta user friendly.
i.
Kecerdasan
buatan
Bagian ilmu computer yang bertujuan agar komputer
dapat melakukan pekerjaan sebaik yang
dilakukan manusia.
j.
Multimedia
( Graphic Desain)
Sarana dialog yang sangat efekif antara manusia dan
komputer.
6.
Manusia ,
komputer, dan interaksi
7.
1. User friendly
(ramah dengan pengguna),
Ramah
dengan pengguna maksudnya antarmuka yang bagus, mudah dioperasikan, mudah
dipelajari,dan pengguna merasa nyaman menggunakan interface tersebut.
2.
Berkuaitas tinggi yang dikagumi oleh
orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.
8.
Strategi
pengembangan antarmuka:
·
Pengetahuan
tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer
·
Berbagi
informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog.
·
Penggunaan
prototype yang didasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara
bersama-sama antara calon pengguna dan perancang sistem.
·
Teknik
evaluasi yang digunakan untuk
mengevaluasi hasil prototype yang telah dilakukan.
9.
Sejarah
interaksi manusia dan computer dimulai pada tahun 50-an ketika computer pertama
kali diperkenalkan secara komersial. Pada tahun 70-an mengalami perkembangan
penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru
kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dll). Pada
pertengahan tahun 80-an, para peneliti akademis mengenalkan istilah
Human-Computer Interaction (HCI) atau interaksi manusia-komputer.
Evolusi
Antarmuka :
·
Tahun 50an
Antarmuka level
hardware untuk teknik, contoh : switch panel
·
Tahun 60-70an
Antarmuka level pemrograman, contoh: COBOL, FORTRAN
·
Tahun 70-90an
Antarmuka level intruksi
·
Tahun 80-an
Antarmuka level dialog interaksi, contoh : GUI,
Multimedia
·
Tahun 90an
Antarmuka level lingkungan kerja, contoh: Sistem
Network, Groupware
·
Tahun 2000an
Antarmuka berkembang dengan luas, contoh : mobile
device, interactive screen
10. Hubungan manusia, computer dan interaksi tersebut
saling mendukung dan berkaitan satu sama
lain. Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. Komputer merupakan
peralatan elektronik yang meliputi
hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Dan interaksi
merupakan komunikasi antara manusia dan komputer yang saling mempengaruhi satu
sama lain.
LATIHAN BAB II
JAWABAN
1.
Kombinasi warna
terbaik untuk latar belakang warna merah adalah…
b. kuning,
putih, hitam
2.
Echoic pada
memori penyaring manusia digunakan untuk
menerima rangsangan berupa…
c. suara
3.
Kecepatan
kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan yang tinggi
dapat dihasilkan jika :
c. ada
umpan balik yang jelas tentang kemajuan ke arah solusi
4.
Sehubungan denga
motivasi bagi faktor-faktor manusia dalam perancangan, manakah dari
pernyataan-pernyataan berikut yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang
mengembangkan sistem pengendali lalu lintas udara :
b. waktu
pelatihan yang lama tidak menjadi masalah asak kinerja pemakai cepat dan bebas kesalahan
5.
Dari jenis
pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada tangan, pergelangan
tangan, jari jemari dan lengan?
a.
Pemasukan data
6.
Dari jenis
pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada kognitif, persepsi yang
paling tinggi serta beban otot yang rendah?
d.
pengolahan kata
7.
Dalam
perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi
expert frequent user?
a.
Meningkatkan
kepercayaan diri dengan memudahkan pemakai melakukan task sederhana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar