Rabu, 07 Oktober 2015

LATIHAN-LATIHAN BAB I & II



LATIHAN BAB I
JAWABAN
1.      Human Computer Interaction menurut ACM SIGCHI (1992) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari desain, evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia beserta studi tentang faktor- faktor utama dalam lingkungan interaksinya.

2.      Perbedaan IMK dan user interface yaitu terletak pada statusnya, IMK itu sendiri merupakan ilmu dari penerapan user interface yang baik. Dan user interface itu merupakan implementasinya.

3.      Ergonomi merupakan salah satu bidang yang terdapat dalam IMK, yeng memberikan pemahaman tentang penggunanaan rancangan grafis seperti gambar akan lebih bermakna daripada teks/ tulisan.

4.      Akan menjadikan :
a.       Produktifitas meningkat
b.      Hasil kerja lebih baik karena sistem yang dioprasikan lebih familiar
c.       Efisiensi dan efektifitas akan didapatkan dalam pengopreasian sistem
d.      Kenyamanan layanan dalam melakukan pekerjaan

5.      Bidang- bidang yang terlibat dalam IMK :
a.       Teknik elektronika/ Ilmu Komputer
Bidang ini membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang akan  digunakan dalam merancang  interaksi manusia dan komputer.
b.      Psikologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang berbeda-beda, kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan motorik pengguna  yang beraneka ragam.
c.       Perancangan grafis dan tifografi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang penggunaan rancangan grafis seperti gambar akan lebih bermakna daripada teks/tulisan.
d.      Ergonomik
Bidang ini membahas tentang aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
e.       Antropologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang cara kerja manusia yang kadang berkelompok baik pada waktu dan tempat yang sama maupun berbeda.
f.       Linguistik
Ilmu yang mempelajari tentang bahasa, yang akan membantu menciptakan suatu analog yang diperlukan untuk komunikasi yang memadai antara user dan computer.
g.      Sosiologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan komputer dengan aspek sosial masyarakat.
h.      Rekayasa perangkat lunak
Factor ini yang bisa menciptakan suatu program yang efektif,  efisien, serta user friendly.
i.        Kecerdasan buatan
Bagian ilmu computer yang bertujuan agar komputer dapat  melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia.
j.        Multimedia ( Graphic Desain)
Sarana dialog yang sangat efekif antara manusia dan komputer.

6.      Manusia , komputer, dan interaksi

7.      1. User friendly (ramah dengan pengguna),
Ramah dengan pengguna maksudnya antarmuka yang bagus, mudah dioperasikan, mudah dipelajari,dan pengguna merasa nyaman menggunakan interface tersebut.
2. Berkuaitas  tinggi yang dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.

8.      Strategi pengembangan antarmuka:
·         Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer
·         Berbagi informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog.
·         Penggunaan prototype yang didasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancang sistem.
·         Teknik evaluasi  yang digunakan untuk mengevaluasi hasil prototype yang telah dilakukan.

9.      Sejarah interaksi manusia dan computer dimulai pada tahun 50-an ketika computer pertama kali diperkenalkan secara komersial. Pada tahun 70-an mengalami perkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dll). Pada pertengahan tahun 80-an, para peneliti akademis mengenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau interaksi manusia-komputer.
Evolusi Antarmuka :
·         Tahun 50an
 Antarmuka level hardware untuk teknik, contoh : switch panel
·         Tahun 60-70an
Antarmuka level pemrograman, contoh: COBOL, FORTRAN
·         Tahun 70-90an
Antarmuka level intruksi
·         Tahun 80-an
Antarmuka level dialog interaksi, contoh : GUI, Multimedia
·         Tahun 90an
Antarmuka level lingkungan kerja, contoh: Sistem Network, Groupware
·         Tahun  2000an
Antarmuka berkembang dengan luas, contoh : mobile device, interactive screen

10.  Hubungan manusia, computer dan interaksi tersebut saling mendukung dan  berkaitan satu sama lain. Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. Komputer merupakan peralatan elektronik  yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Dan interaksi merupakan komunikasi antara manusia dan komputer yang saling mempengaruhi satu sama lain.


LATIHAN BAB II
JAWABAN
1.      Kombinasi warna terbaik untuk latar belakang warna merah adalah…
b. kuning, putih, hitam

2.      Echoic pada memori penyaring manusia  digunakan untuk menerima rangsangan berupa…
c. suara

3.      Kecepatan kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan yang tinggi dapat dihasilkan jika :
c. ada umpan balik yang jelas tentang kemajuan ke arah solusi

4.      Sehubungan denga motivasi bagi faktor-faktor manusia dalam perancangan, manakah dari pernyataan-pernyataan berikut yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang mengembangkan sistem pengendali lalu lintas udara :
b. waktu pelatihan yang lama tidak menjadi masalah asak kinerja pemakai cepat  dan bebas kesalahan

5.      Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada tangan, pergelangan tangan, jari jemari dan lengan?
a.       Pemasukan data

6.      Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada kognitif, persepsi yang paling tinggi serta beban otot yang rendah?
d. pengolahan kata

7.      Dalam perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi expert frequent user?
a.       Meningkatkan kepercayaan diri dengan memudahkan pemakai melakukan task sederhana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar